Kamis, 22 Desember 2016

Macam-Macam Baja

Macam-Macam Baja




Beberapa Jenis Macam Baja
Baja dalam tehnik konstruksi bangunan gedung terdapat dalam bermacam-macam bentuk seperti berikut :

1) Baja Pelat Yakni baja berbentuk pelat baik pelat lembaran ataupun pelat strip dengan tebal antara 3 mm s. d 60 mm. Baja Pelat Lembaran terdapat dengan lebar antara150 mm s. d 4300 mm dengan panjang 3 s. d 6 meter. Sedangakan Baja Pelat Strip umumnya dengan lebar 600 mm dengan panjang 3 s. d 6 meter. Permukaan baja pelat ada yang polos serta ada yang bermotif dalam berbagai bentuk motif. Tetapi untuk kepentingan konstruksi biasanya dipakai baja pelat yang polos rata dengan lebar bisa dipotong sendiri sesuai dengan keperluan.


2) Baja Profil Yakni baja berbentuk batangan (lonjoran) dengan penampang berprofil dengan bentuk spesifik dengan panjang biasanya 6 meter (tetapi bisa dipesan di pabrik dengan panjang hingga 15 meter. Mengenai bentuk-bentuk profil penampang baja bisa di lihat/dipelajari dalam buku
Daftar-Daftar Untuk Konstruksi Baja
(daftar baja yang baru). ½ Dalam daftar baja lama ada profil INP, Kanal, DIN, DiE, DiR, DiL, INP, ½ DIN, Profil T, Profil L (baja siku sama kaki serta tidak sama kaki), batang profil sisi empat sama sisi, serta batang profil bulat, juga daftar paku keling, baut, danlas. ½ Sedang daftar baja yang baru profil INP, DIN, DiE, DiR, DiL, ½ INP, DIN, batang profil segi empat sama sisi, batang profil bulat, daftar paku keling, baut, dan las tidak ada, yang ada yaitu : profil WF, Light Beam and Joists, H Bearing Piles, Structural Tees, Profil Kanal, Profil Siku (sama kaki serta tidak sama kaki), Daftar Aspek Tekuk (), Light Lip Channels, Light Channel, Hollow Structural Tubings (profil tabung segi empat), Circular Hollow Sections (profil tabung bulat), dan tabel-tabel pelengkap yang lain. Kedua daftar baja tersebut diatas masih tetap dipakai kedua-duanya lantaran sama-sama melengkapi keduanya. Untuk mengerti profil-profil baja dengan cara lebih mendetail jadi pelajarilah dengan cara cermat kedua daftar baja itu diatas. Baja Beton Yakni baja yang dipakai untuk penulangan/pembesian beton (untuk konstruksi beton). Biasanya berupa batangan/lonjoran dengan beragam jenis ukuran diameter, panjang 12 meter. Ada baja tulangan berpenampang bulat polos, juga baja tulangan yang diprofilkan.


BAJA GOL. 1
Yang termasuk juga dalam kelompok 1 yaitu baja St 37 yang umum dipakai di Eropa serta Indonesia. Baja ini di buat lewat sistem thomas serta Martin. Angka 37 bermakna kalau minimal keteguhan putus tarik yaitu 37 Kg/mm2. Baja St 00 termasuk juga dalam kelompok 1 dengan kualitas perdagangan. Dipakai untuk konstruksi


Untuk informasi lebih lengkap atau sekedar ingin berkonsultasi mengenai Jasa Konstruksi Besi Baja anda bisa mengubungi kami dengan nomor dibawah ini :

H. Wiyoso

Phone : (0355) 532 783
HP : 0813 5974 2866 – 0813 6841 0299
PIN BBM : 20FC8977
E-mail : indoputrajaya@gmail.com

1 komentar:


  1. Jika anda membutuhkan suplier stainless steel atw distributor besi di jakarta,
    Beyond-steel Indonesia bisa menjadi referensi anda untuk berbelanja. menjual aneka baja dan Stainless industri dengan kualitas terjamin, c/w certificate.

    Jual Baja WF Beam,
    Jual Besi UNP SNI,
    Jual Besi Beton,
    Jual Besi Kanal C,
    Jual Besi Siku SNI,
    Jual Besi Hollow,
    Jual Besi H Beam SNI,

    Untuk info lebih lengkap silahkan hubungi: sales@beyond-steel.com

    BalasHapus