Rabu, 21 Desember 2016

Struktur Baja

Struktur Baja




Baja yaitu logam aloy yang komponen intinya yaitu besi, dengan karbon sebagai material pengaloy utama. Bajamemiliki kandungan elemen utama Fe serta C. Baja karbon adalah salah satu type logam gabungan besi karbon terutama dengan prosentase berat karbon sampai 2,11%. Baja karbonmempunyai kandungan C sampai 1. 2% dengan Mn 0. 30%-0. 95%. Elemen-elemen prosentase maksimum terkecuali bajanyaseperti berikut : 0. 60% Silicon, 0. 60% Copper.


Karbon yaitu unsur kimia dengan nomer atom 6, tingkat oksidasi 4. 2 serta Mangan yaitu unsur kimia dengan nomer atom 25, tingkat oksidasi 7. 6423. Karbon serta Manganese yaitu bahan pokok untuk meninggikan tegangan (strength) dari baja murni. Karbon (C) yaitu komponen kimia pokok yang menentukan sifat baja. Makin tinggi kandungan karbon didalam baja, makin tinggi kuat tarik dan tegangan leleh, namun koefisien muai bahan turun, serta baja semaikn getas. Karbon memiliki dampak yang paling dominan pada sifat mampu las.Makin tinggi kandungan karbon menjadikan sifat mampu las turun.


Fasa-fasa padat yang ada di dalam baja :
a. Ferit (alpha) : adalah sel satuan (susunan atom-atom yang paling kecil serta teratur) berbentuk Body Centered Cubic (BCC=kubus pusat badan), Ferit ini memiliki karakter : magnetis, agak ulet, agak kuat, dan lain-lain.
b. Autenit : adalah sel unit yang berbentuk Face Centered Cubic (FCC =kubus pusat muka), Austenit ini memiliki karakter : Non magnetis, ulet, dan lain-lain.
c. Sementid (besi karbida) : adalah sel unit yang berbentuk orthorombik, Semented ini memiliki karakter : keras serta getas.
d. Perlit : adalah kombinasi fasa ferit serta sementid hingga memiliki karakter Kuat.
e. Delta : adalah sel unit yang berbentuk Body Centered Cubic (BCC=kubus pusat tubuh).


Untuk informasi seputar Jasa Konstruksi Baja anda bisa mengubungi kami dengan nomor dibawah ini :

H. Wiyoso

Phone : (0355) 532 783
HP : 0813 5974 2866 – 0813 6841 0299
PIN BBM : 20FC8977
E-mail : indoputrajaya@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar