Rabu, 21 Desember 2016

Pengertian Baja dan Fungsinya

Pengertian Baja dan Fungsinya




Pengertian Baja
Sebelumnya kami membahas tentang Konstruksi baja, jadi hal yang paling penting yang pelu kita kenali yaitu adalah dengan Baja itu? Baja adalah material logam gabungan, dengan unsur dasarnya yaitu logam besi yang digabung dengan Elemen yang lain seperti Karbon serta lain sebagainya.



Manfaat Baja
Bicara tentang Manfaat baja jadi tentu berkaitan dari perencanaan dan apa yang berkenan kami gunakan yang bisa menggunakan Baja sebagai materialnya. Manfaat logam baja tak jauh berbeda dengan Manfaat Logam secara keseluruhan Seperti Tembaga, alumunium, Besi, serta lain sebagainya.
Dalam kehidupan sehari-hari kami temukan Baja dipakai di dalam beberapa hal, satu diantaranya yaitu sebagai Susunan Konstruksi suatu Bangunan. Pemakaian Baja sebagai Susunan Bangunan biasanya kami sebut sebagai Konstruksi Baja.

Susunan baja
Susunan baja yang kami maksudkan disini yaitu Bukanlah sebagai Susunan atau elemen-elemen yang membuat baja, namun lebih menghadap pada Fungsi Baja sebagai Susunan suatu bangunan.
Baja sebagai Susunan di dalam suatu bangunan, dapat digunakan sebagai Kolom atau Ring balknya. Komposisi atau Ukuran serta bentuk baja yang dipakai sebagai Kolom atau Ring Balk berkaitan pada Perhitungan Susunan yang menghadap pada Keperluan kapabilitas atau beban yang dipikul oleh susunan atas serta kemampuan gaya Horizontalnya.
Cara perhitungan Baja miliki standard perhitungan sendiri, dimana di Indonesia Perhitungan Baja Merujuk pada Standard Nasional Indonesia atau SNI 03- 1729-2002.


Pembuatan Baja
Pembuatan Material Baja dikerjakan lewat cara system peleburan Bijih besi dengan kurangi persentase karbon tertentu dengan yang di inginkan serta lalu elemen-elemen yang lain di berikan dalam hasil logam yang telah memuai itu.
Sesudah kompoisis pembentukan Baja telah disatukan atau digabungkan maka cairannya dituangkan dengan cara spesial secara berkelanjutan sampai membuat Lempengan-lempengan Baja.

Keunggulan Baja sebagai Sturktur
Kelebihan baja ini dimaksud bila baja dibanding dengan Material Susunan yang lain, umpamanya Beton, Kayu serta yang lain. Dengan Demikian baja punya keunggulan :

  • Kuat tariknya Tinggi
  • Tak dikonsumsi Rayap bila dibanding dengan Kayu
  • Mempunyai Nilai Muai serta Susut yang begitu kecil
  • Pemakaiannya dapat di Daur Ulang
  • Baja lebih murah bila dibanding dengan Stainless Steel
  • Baja Lebih mudah serta lebih Lentur bila dibanding dengan Beton
  • Baja Lebih kuat bila dibanding dengan Aluminium

Keunggulan Baja di atas adalah Alasan mengapa Konstruksi Baja banyak dipakai di dalam Proyek pembuatan suatu bangunan.


Untuk informasi seputar Jasa Konstruksi Baja anda bisa mengubungi kami dengan nomor dibawah ini :

H. Wiyoso

Phone : (0355) 532 783
HP : 0813 5974 2866 – 0813 6841 0299
PIN BBM : 20FC8977
E-mail : indoputrajaya@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar