Rabu, 21 Desember 2016

Pemasangan Baja yang Baik dan Benar

Pemasangan Baja yang Baik dan Benar




Besi baja wf biasanya diproduksi dengan panjang 12 meter, untuk pablikasi sebuah bangunan pasti ada pemotongan ataupun sambungan, supaya material tidak terbuang.
Bila untuk baja berukuran kecil, atau untuk beban yang ringan mungkin saja cukup sambung las, sudah kuat. Bagaimana bila baja yang bakal di sambung akan menanggung beban yang berat, umpamanya untuk “rafter “dengan bentangan panjang, atau untuk balok “mezzanine” yang pasti akan memikul beban yang berat pula.
Dari sini memerlukan teori untuk menyambung baja, supaya sambungan itu kuat bahkan juga lebih kuat dari kemampuan basic nya.



Pertama, potong “lurus” dahulu kedua segi baja wf yang bakal di sambung, setelah itu potong “miring” di bibir punggung baja wf serta di bibir tengah. Dengan kemiringan lebih kurang 45 derajat.

Kedua, gerinda hingga bersih dari kotoran sisa potongan. serta janganlah lupa di siku, supaya sistem menyambung lebih gampang. Setelah bersih serta posisi potongan dalam kondisi siku 90 derajat.
Lansung dapat mulai sambung, dekatkan kedua segi itu hingga rapat, serta pastikan ada celah sisa potongan miring tadi untuk tempat lasan,


Sesudah posisi rapat, lihat dahulu serta pastikan kedua belah dalam posisi lurus. Setelah itu “cantum” dengan kata lain las dikit dahulu di posisi tengah atas baja wf, lalu cantum lagi di posisi tengah bawah wf, perhatihan ; ini begitu utama, janganlah asal cantum.. mengapa? lantaran untuk memudah cara seting atau meluruskan kembali, jadi dasarnya bila di cantum tengah, kelak bakal gampang untuk getok kanan atau kiri supaya betul-betul lurus.
Sesudah anda meyakini telah benar lurus, baru “cantum” lagi atau las dikit di masing-masing bibir baja wf, atas serta bawah, kesempatan ini semua“cantuman” di kuatkan supaya tak patah waktu di angkat atau di pindahkan.

Ketiga ; pengelasan, untuk pengelasan agar hasilnya optimal di punggung baja wf janganlah di las sekali jadi usahan dua atau tiga langkah dengan cara berulang,
Dengan Catatan, masing-masing bagian dari las pertama dan setelah itu mesti betul-betul bersih dari sisa kotoran las, langkahnya getok-getok kecil gunakan besi apalah, lantas di kuas supaya debunya juga hilang.

Keempat ; sesudah usai pengelalasan, potong plate tipe1 serta tipe2
Masing-masing dua lembar, untuk atas bawah serta kanan kiri, janganlah lupa di gerinda supaya bebas dari kotoran sisa potongan.
Lantas gerinda hingga rata semuanya lasan yang terlihat di sambungan baja wf tadi, setelah itu tempelkan plate pada tempatnya masing-masing , lewat cara ”cantum”
Dengan kata lain las sedikit pada setiap ujung plateserta tengah, selanjutnya sudah dapat segera las full..
Teori diatas untuk sambungan balok atau rafter yang panjangnya kurang dari 12 meter.
Atau yang pablikasi lansgsung di tempat proyek.


Untuk informasi seputar Jasa Konstruksi Baja anda bisa mengubungi kami dengan nomor dibawah ini :

H. Wiyoso

Phone : (0355) 532 783
HP : 0813 5974 2866 – 0813 6841 0299
PIN BBM : 20FC8977
E-mail : indoputrajaya@gmail.com

1 komentar:


  1. Jika anda membutuhkan suplier stainless steel atw distributor besi di jakarta,
    Beyond-steel Indonesia bisa menjadi referensi anda untuk berbelanja. menjual aneka baja dan Stainless industri dengan kualitas terjamin, c/w certificate.

    Jual Baja WF Beam,
    Jual Besi UNP SNI,
    Jual Besi Beton,
    Jual Besi Kanal C,
    Jual Besi Siku SNI,
    Jual Besi Hollow,
    Jual Besi H Beam SNI,

    Untuk info lebih lengkap silahkan hubungi: sales@beyond-steel.com

    BalasHapus