Rabu, 21 Desember 2016

Bagan Pembuatan Baja

Bagan Pembuatan Baja



Bagan sistem pembuatan baja
Sistem pembuatan baja diawali dengan sistem ekstraksi bijih besi. Sistem reduksi biasanya berlangsung didalam tanur tiup (blast furnace) dimana di dalamnya bijih besi (iron ore) serta batu gamping (limestone) yang sudah mengalami pemanggangan (sintering) diolah bersama-sama dengan kokas (cokes) yang datang dari batubara. Rangkaian reaksi berlangsung didalam tanur pada waktu dan tempat yang berbeda-beda, namun reaksi utama yang mereduksi bijih besi jadi logam besi yaitu seperti berikut :
Fe2O3 + 3CO à 2Fe + 3CO2
Luaran paling utama dari sistem ini yaitu lelehan besi mentah (molten pig iron) dengan kandungan karbon yang cukup tinggi (4%C) beserta pengotor-pengotor lain seperti silkon, mangan, sulfur, serta fosfor. Besi mentah ini belum bisa digunakan secara langsung untuk aplikasi rekayasa karena beberapa karakter (mekanis) -nya belum sesuai dengan yang diperlukan karena pengotor pengotor itu. Besi mentahberbentuk lelehan atau coran setelah itu di kirim menuju converter yang bakal mengkonversinya jadi baja.


Sistem pembuatan baja biasanya berlangsung di tungku oksigen-basa (basic-oxygen furnace). Didalam tungku ini besi mentah cair dicampur dengan hingga 30% besi tua (scrap) yang terlebih dulu dimasukkan kedalam tanur. Setelah itu, oksigen murni ditiupkan dari sisi atas kedalam leburan, bereaksi dengan Fe membuat oksida besi FeO. Beberapa saat sebelum reaksi dengan oksigen mulai berjalan, fluks pembentuk slag dimasukkan dalam jumlah spesifik.
Oksida besi atau FeO setelah itu bakal bereaksi dengan karbon didalam besi mentah hingga didapat Fe dengan kandungan karbon lebih rendah serta gas karbon monoksida. Reaksi utama yang berlangsung didalam tungku yaitu seperti berikut :
FeO + C à Fe + CO
Sepanjang sistem berjalan (sekitar 22 menit), berlangsung penurunan kandungan karbon serta unsur-unsur pengotor lain seperti P, S, Mn, dalam jumlah yang signifikan.


Untuk informasi seputar Jasa Konstruksi Baja anda bisa mengubungi kami dengan nomor dibawah ini :

H. Wiyoso

Phone : (0355) 532 783
HP : 0813 5974 2866 – 0813 6841 0299
PIN BBM : 20FC8977
E-mail : indoputrajaya@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar